Pedoman praktis Pelk Qurban

KHUTBAH  SHALAT  ‘IDUL  ADHA      16 NOVEMBER  2010

Di halaman kampus Universitas Muhammadiyah Semarang

OLEH: M. DANUSIRI

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله الذى هدانا لهذا وما كنا لنهتدي لولا ان هدان الله, اشهد  ان لا إله  إلا الله وحده لا شريك له, له الملك وله الحمد وهو على كل  شيئ  قد ير, واشهد أن محمدا عبده  ورسوله  الذى أرسل بد ين الذى فيه  بشير ونذ ير. اللهم صل  وسلم على  النبي الخبير. أما بعد. فيا أيها الحاضرون,  أصينى  وإياكم  بتقوى الله,  انعم الله  على  المتقين  من النبي   والصليح  والصبير.

فأعلموا  أن الله  قد قال  فى كتابه  الكريم,  وهو اصدق  القائلين, اعوذ با لله  من الشيطان الرجيم, بسم الله الرحمن الرحيم.

صدق الله العظيم. الله أكبر, الله أكبر, الله أكبر. الله أكبر  كبيرا. والحد الله  كثيرا. وسبحان الله بكرة وأصيلا.  لا إله  إلا الله  وحده. صدق  وعده, ونصر عبده, واعز جنده  وهزم الاحزاب وحده. لا إله  إلا الله  ولا نعبد  إلا  إياه,  مخلصين  له  الدين   ولو كره  المشركون,  ولوكره المنافقون, ولوكره الكافرون. لا إله إلا الله هو الله أكبر. الله أكبر ولله الحمد.

Sidang Id yang berbahagia,

Terlebih dahulu, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Subhanalahu wa Ta’ala atas nikmat dan karunia, yang salah satunya adalah kita menyelenggarakan shalat Id berjamaah pada hari ini dengan penuh iman bahwa hari Nahar di Indonesia, di Jawa, di Semarang adalah hari ini, atas dasar hisab haqiqi yang teramat akurat. Hal ini dapat dijelaskan bahwa, perjalanan bumi mengitari matahari dan perjalanan bulan mengitari bumi memunculkan sistem penghitungan waktu. Perjalanan kedua benda langit ini tidak pernah mengebut atau mengerem diri sehingga atas dasar teori penghitungan waktu yang memprediksi akan terjadi sesuatu gejala alamiah tertentu seperti gerahana selalu benar adanya. Dengan demikian, penghitungan hilal pun – lebih-lebih peristiwa ini amat alami dan bukan kasus ekstrim –  juga selalu benar. Itulah sebabnya hasil karya para teoritikus dan praktius sistem kalender juga benar dan mengumumkannya sebagai hisab haqiqi, sistem dan hasil penghitungan yang haq, insya Allah.

Allahu Akbar walillahil hamd, sidang ‘id rahimakumullah,

Arti harfiah ‘Idul Adha adalah hari raya menyembelih kambing atau menyembelih hewan korban. Bisa juga hari berpesta ria makan-makan karena sukses melakukan sesuatu. Makan masakan  daging kurban demikian nikmat dan menggairahkan, baik bagi si kaya maupun si miskin melebihi pesta makan di lain forum karena berkah kebersamaan massal antara semua umat manusia dalam semua lapisan sosial. Pesta makan dalam Islam ini, yaitu pada Idul Adha maupun Idul Fitri sepi atau nihil sama sekali dari aroma mabuk. Inilah khas pesta makan dalam Islam dibanding dengan tradisi apa pun non Islam. Allahu Akbar Walillahil hamd. ‘Idul Adha juga  merupakan ekspresi rasa syukur kepada Allah, yaitu saudara-saudara kita yang melakukan ibadah haji telah tahallul dan selesai dengan keyakinan memperoleh predikat haji mabrur yang tidak ada balasan lain dari Allah kecuali surga.  Kata ‘Id juga berarti kembali mengingat dan mengalami kembali pengalaman yang telah dialami oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Isma’il. Kedua Nabi ini dinyatakan  sebagai hamba yang sholeh, muhsinun, dan mukminun. Predikat ini  tidak datang dari antar sesama manusia, melainkan dari Allah Swt. Secara langsung.  Jadi kesalihan, kebaikan, dan kemukminan Ibrahim dan Ismail pasti benarnya. Kalau yang menyatakan iman itu antar sesama manusia, bisa saja salah, atau benar di suatu saat,menjai salah di saat  lain karena perubahan pendirian atau keadaan.Peristiwa kedua Nabi, yang masih keluarga dan hubungan anak-bapak ini diabadikan dalam Surat ash-Shaffaat ayat 100-111. Demikian antara lain bunyinya:

 

 

 

 

 

 

 

Artinya:

100. Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. 101. Maka Kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar.102. Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.” 103. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ).104. Dan Kami panggillah dia:”Hai Ibrahim,105. Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. 106. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. 107. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. 108. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian, 109. (yaitu)”Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim. 110. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. 111. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.

 

Allahu Akbar Walillaahil hamd

Dari ayat ini dapat diambil pelajaran bahwa Nabi Ibrahim maupun putranya tawakkal total kepada Allah, hingga bapaknya diperintah untuk menyembelih anaknya, ia manut-manut saja. Lebih dari itu anaknya, dalam hal ini Nabi Ismail juga manut-manut saja untuk disembelih. Ujian yang diberikan Allah mereka tepati, ganjaran dari Allah pun juga tidak dapat ditaksir dengan apa pun. Akhir cerita, Nabi Ismail tidak jadi disembelih, melainkan diganti oleh Allah dengan kambing gibas yang besar. Dengannya mereka dan umatnya berpesta atas dasar syukur kepada Allah atas nikmat yang mereka terima dari-Nya. Subhanallah. Untuk itulah kita jangan pernah ragu bertwakkal kepada Allah, menjalankan perintah-perintahnya dengan penuh ikhlas, seikhlas-ikhlasnya, insya Allah mungkin-mingkin saja kita juga akan memperoleh karunia dari-Nya, meskipun tidak sama persis sebagaimana yang diperoleh oleh Nabi Ibrahim maupun Nabi Ismail.

 

Allahu Akbar walillahil Hamd; Sidang Id rakhimakumullah,

Atas dasar pelajaran itu alangkah baiknya kalau kita yang berkelonggaran rezeki mengikuti sunnah Nabi Ibrahim, si khalilullah (kekasih dancintaan Allah) yang ditradisikan oleh Rasulullah Muhammad saw. Kata Rasul, berkurban di hari Id dan 3 hari sesudahnya, yaitu hari-hari tasyriq pasti dicintai Allah. Demikian sabda beliau:

 

ما آدمي من عمل يوم النحراحب إلى الله من إهراق الدام.أنه ليأتى يوم القيامة بقرونها واشعارها واضلافها.وإن الدام  ليقع من الله  بمكان قبل ان يقع من الارض فطيبوا بها

نفسا (رواه الترمذى عن عائشة)

Artinya:

Tidaklah suatu amal perbuatan anak Adam yang paling dicintai oleh Allah kecuali mengalirkan darah, dalam arti berkurban. Sesungguhnya pada hari kiyamat akan didatangkan tanduk-tanduk, bulu-bulu, maupun teracaknya, sebagai bukti keimanan mereka. Sesungguhnya, darah yang mengucur sebelum menyentuh tanah,  Allah telah berfirman, “Alangkah beruntungnya seseorang karena berkurban ini (HR at-Turmuzi dari ‘Aisyah).

Beliau juga bersabda bahwa setiap bulu hewan kurban akan diganti satu kebaikan:

 

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم فى الاضحية لصحبها بكل شعرة حسنة.

Artinya:

Rasululah bersabda tentang kurban, bahwa bagi pelaku kurban,untuk setiap helai bulu diganti satu kebaikan.

Sidang Id yang berbahagia, pengertian hasanah sebagaimabana disebutkan dalam tafsir al-Azhar mengandung 6 macam keutamaan, satu akhirat, yaitu pahala yang hakikatnya hanya Allah yang mengetahuinya. Lima macam merupakan keutamaan di dunia, yaitu: (1) al-Kaffah, yaitu kecukupan. Orang Islam tidak perlu kaya kalau kekayaan hanya akan menjadikan lupa kepada Allah. Yang penting adalah cukup. Apa kebutuhannya tercukupi oleh sang pemberi kecukupan yaitu Allah.(2) al-‘Afiyayh, yaitu kesehatan. Telah banyak tabligh dan bukti, meskipun tampaknya irrasional,  yang disampaikan para da’i bahwa ada hubungan kedekatan antara sedekah dan kesehatan. (3) al-Auladul-abrar, yaitu anak-anak yang berbakti kepada orang tua. Ringan melaksanakan kurban insya Allah anak-anaknya menjadi penurut terhadap keutamaan. (4) al-Mar’atush-shalihah, yaitu wanita atau istri yang shalihah. Wanita shalihah adalah dambaan semuan suami dalam agama apa pun, bahkan juga termasuk bagi orang-orang non agama. Suami yang shalih adalah dambaan setiap istri, dalam agama apaun, termasuk non agama. (5) al-‘ulumun-nafi’ah, yaitu ilmu yang bermafaat. Dengan kurban insya Allah ilmu yang dimiliki akan bermanfaat dunia maupun akhirat, amin.

Allahu Akbar Walillahil hamd, Karena demikian utamanya, Rasulullah berkurban setiap tahun. Demikian hadis menceriterakan:

اقام رسول الله صلى الله عليه وسلم بالمد ينة عشر سنين  يضحى (رواه  الترمدى عن إبن عمر)

Artinya:

Rasulullah berdomisili di Madinah 10 tahun. Beliau selalu berkurban,HR. At-Turmudzi dari Ibnu Umar).

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, Seberapa banyak hewan  kurban yang dilakukan oleh Rasulullah cukup berfariatif tergantung keadaan. Diantara fariasi yang ditempuh oleh Rasulullah adalah sebagai berikut:

  1. Rasulullah berkurban dua ekor kambing untuk  satu orang, yaitu beliau sendiri:

ضحى رسول الله صلى الله عليه وسلم بكبسين أقرين أملحين. .  (رواه الترمذى عن أنس بن مالك)

Artinya:

Rasululah berkurban dua ekor kambing gibas yang bertanduk dan gemuk-gemuk lagi menyenangkan untuk dipandang. . . (HR. At-Turmudzi dari Anas bin Malik).

  1. Di lain waktu beliau berkurban satu ekor untuk satu orang, beliau sendiri.

ضحى رسول الله صلى الله عليه وسلم بكبس اقرن فحيل. . . (رواه الترمذى عن أبى سعد الخذ رى )

Artinya:

Rasulullah berkurban satu ekor kambing Gibas jantan yang bertanduk dan gemuk menyenangkan. . . (HR. At-Turmudzi dari Abu Sa’id al-Hudri)

  1. Diriwayatkan bahwa Beliau pernah  berkurban satu ekor untuk seluruh anggota keluarganya. Diceriterakan bahwa Amarah bin Abdullah berkata bahwa Atha’ bin Yasar bertanya kepada Abu Ayub.

كيف كانت  ضحاي على عهد  رسول الله  صلى اله عليه وسلم فقال:  كان الرجول

يضحى بالشاة عنه واهل بيته فيأكلون  ويطعمون حتى  تباهى الناس  فصارت كما

ترى (رواه الترمذى عن عطأ بن يسار)

Artinya:

Bagaimana pelaksanaan kurban pada zaman Rasulullah Saw ? jawabnya: seseorang berkurban seekor kambing untuknya dan anggota keluarganya. Mereka memakannya. Tradisi itu beralih terus hingga sekarang sebagaimana kamu saksikan sekarang ini (HR. At-Turmudzi dari ‘Atha’ bin Yasar).

  1. Rasulullah pernah berkurban satu ekor bersekutu. Praktik ini pun berfariasi. Suatu hari nahar, beliau berkurban satu ekor lembu atau satu ekor unta bertujuh orang. Demikian riwayatnya:

نحرنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم بالحد يبيد البد نة عن سبعة والبقرة عن

سبعة (رواه الترمذى عن جابر)

Kami menyembelih bersama Rasulullah ketika berlebaran di Hudaibiyyah satu ekor unta dan satu ekor lembu masing-masing untuk tujuh orang (HR. At-Turmudzi dari Jabir).

Fariasi lain satu ekor lembu untuk 7 orang dan satu ekor unta besar dan gemuk untuk 10 orang. Demikian hadisnya:

كنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فى سفر فحضرنا الاضحى, فاشتركنا فى

البقرة سبعة وفى البعير عشرة (رواه الترمذى عن إبن عباس)

Artinya:

kami beserta Rsulullah Saw dalam suatu bepergian bertemu dengan hari raya Idul Adha. Kami bersekutu dalam seekor lembu untuk tujuh orang, dan dalam satu ekor unta besar lagi gemuk untuk 10 orang (HR. At-Turmudzi dari Ibnu ‘Abbas).

Versi lain menyebutkan bahwa persekutuan dalam berkurban dalam jumlah banyak tak terhingga, mencakup semua umat Islam yang benar-benar tidak mampu untuk berkurban secara pribadi. Rasulullah mewakili semua umatnya yang tidak mampu berkurban ini. Diceritakan bahwa:

شهد ت مع النبي صلى الله عليه وسلم الاضحى با المصلى. فلما قضى خطبته نزل

عن منبره فأتى  بكبس فذ بحه  رسول الله صلى  الله عليه وسلم, وقال  بسم الله والله أكبر هذا عنى وعمن  لا يضحى من أمتى  (رواه الترمذى  وابوداود  عن جابر بن

عبد الله)

Artinya:

Aku menyaksikan  Rasulullah Saw berkurban di Mushallanya. Setelah selesai berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya kemudian mendatangi seekor kambing gibas. Beliau menyembelihnya, dan berkata bismillah, Allahu Akbar. Ini kurban untukku dan untuk orang-orang yang tidak berkurban dari umatku (HR. At-Turmudzi dan Abu Dawud dari Jabir bin Abdullah).

Implikasi dari hadis ini mengoreksi sementara kepala sekolah yang menggalang kurban anak-anak siswanya untuk berlatihan kurban dengan iuran rupiah tertentu. Benarnya adalah, mereka ini benar-benar berkurban. Sekali lagi bukan latihan. Maka, ketika menyembelih hewan kurban oleh juru sembelih harus diekrorkan atau doanya “Bismillahi Wallahu Akbar, hadza ‘an talamiidzi SMA . . . atau sebut sekolah atau kelompok apa. Doa ini harus didengar oleh ketua panitia atau anggotanya dalam kepanitiaan itu sehingga menghilangkan keraguan niat berkurban anak-anak sekolah berikut dewan gurunya. Karena itu sebaiknya tidak menyuruh juru sembelih  asal bisa menyembelih. Tunjuklah juru sembelih yang benar-benar mengerti syariat menyembelih. Perlu ditambahkan di sini bahwa kulit hewan kurban tidak boleh dijual, melainkan harus ikut dibagi-bagikan sebagaimana dagingnya. Dalam hal ini Rasulullah bersabda:

لا تبيعوا لحوم الهدي ولااضاحى, وكلوا وتصدقوا واستمتعوا بجلودها ولا تبيعوها

رواه أحمد)

Artinya:

Janganlahkamu menjual daging dam dalam haji dan menjual daging kurban. Makanlah,  bersedahlah, dan bersenang-senanglah dengan kulitnya, serta jangan menjualnya (HR Ahmad).

Dalam kesempatan lain beliau bersabda:

عن على بن أبى طالب  قال: أمرنى رسول  الله صلى الله عليه  وسلم أن  اقوم على

بد نه وان اقسم لحومها وجلودها وجلالها  على المساكين  ولا اعطي  فى حزارتها

شيئا منها. متفق عليه.

Artinya:

Dari Ali bin Abi Thalib ia berkata Rasulullah saw memerintahkan kepadaku supaya aku meluruskan aturannya. Supaya aku membagi dagingnya, kulitnya,  kepalanya kepada orang-orang miskin, dan aku tidak memberikannya dengan cara memilih-milihkannya sama sekali (Hadis Mutafaqun ‘alaih).

Iman Ahmad masih meriwayat kan hadis sekali lagi tentang larangan menjual kulit sebagai berikut:

لا تبيعوا الهدي والاضاحى فكلوا وتصدقوا واستمتعوا بجلودها.وإن اطعتم من لحومها شيئا فكلوا إن شئتم. رواه احمد.

Artinya

Janganlah kamu menjual dam haji dan daging kurban. Makanlah, bersedekahlah, dan berseang-senanglah dengan kulitnya. Jika kamu diberi dagingnya meskipun hanya sedikit, maka makanlah jika kamu mau (HR Ahmad).

Maksud hadis-hadis ini antara lain adalah pengurban atau panitia dilarang menjual kulit. Kulit termasuk dibagi-bagi. Yang mendapat bagian kulit diperbolehkan bersenang-senang dengan kulit tersebut dalam arti tidak harus dimasak untuk dimakan langsung, melainkan  bisa disamak untuk pakaian atau yang lain seperti dibuat untuk sarana melukis hiasan.     Sekali lagi, menurut praktik Ali bin Abi Thalib, yang berarti merupakan hadis taqririayyah Rasul, kulit ikut dirajang dibagikan kepada para penerima, tanpa memilah dan memilih. Dengan demikian, yang paling bagus setiap bagian dalam kantung plastik terdiri atas unsur daging, jerohan, kulit manakala mencukupi, dan tulang-tulangan; tidak ada yang distimewakan dantara para penerima.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar walillahil hamd. Hadirin Rakhimakumullah.

Rasulullah memberikan satu petunjuk bagi yang benar-benar tidak bisa berkurban sebagaimana diriwayatkan dalam hadis berikut:

إن النبي  صلى الله عليه وسلم قال: أمرت  بيوم الاضحي عيدا  جعله الله  عز وجل لهذه ألامة. قال الرجول: أرايت إن لم اجد  إلا منيحة أنثى, أفا ضح بها ؟ لا,  ولكن تأ خذ من شعرك واظفارك وتقص شاربك وتحلق عانتك فتلك تمام أضحيتك عند الله عز وجل (رواه النساء وابو داود عن عمر بن عاص)

Artinya:

Sesungguhnya   Nabi saw bersabda: Aku diperintah Allah bahwa hari berkurban ini sebagai hari raya untuk umatku ini. Seseorang bertanya. Rasulullah apakah Tuan tidak mengetahui kalau saya itu hanya memiliki seekor kambing betina untuk diperah susunya. Apakah aku harus berkurban denganya ? jawab beliau ‘Tidak’ hendaklah kamu bercukur untuk rambut di kepalamu, memotong kukumu, mencukur brengosmu, dan mencukur bulu-bulu yang tersembunyi, yaitu di ketiak dan di pangkal paha. Demikian itulah kurban yang sempurna di sisi Allah ‘Azza wa Jalla.  (HR. An-Nasai dan Abu Dawud dari Amr bin ‘Ash).

Maksud hadis ini adalah, semula supaya orang-orang pada berkurban. Tetapi setelah ada orang yang tidak mampu berkurban, baginya cukup cukur-mencukur bulu-bulunya dan memotong kukunya. Suasana tubuh yang demikian bersih itu akan mengakibatkan tubuh lebih segar, memakan masakan daging kurban  lebih nikmat, dan akhirnya kepuasan dalam berpesta makan lebih sempurna dan pada akhirnya meningkatkan fitalitas reproduksi. Sudah barang pasti, ada catatan khusus bagi yang menderita hipertensi. Menurut opini awam dan umum, cukup berbahaya mengonsumsi daging kambing bagi penderita darah tinggi dan stroke. Hanya para ahli ilmu-ilmu kesehatan lah yang bisa menjawabnya secara benar-akademis.

Allahu Akbar walillahil hamd. Sidang Id yang berbahagia,

Perintah untuk berkurban ini berlaku secara umum. Itulah sebabnya bagi yang sebenarnya mampu tetapi tidak mau melaksanakan berkurban, maka Rasulullah mencela terhadap mereka:

قال  رسول  الله  صلى  الله  عليه  وسلم:   فمن  وجد  سعة  فلم  يضح   فلا  يقربن مصلنا(رواه أحمد و إبن ماجه)

Artinya:

Rasulullah saw bersabda: barang siapa yang pada saat ini memiliki kelapangan rezeki tetapi tidak mau berkurban, maka janganlah mendekat ke tempat kami semua melakukan shalat (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

kandungan hadis ini mencakup (1) orang yang mampu berkurban tetapi membangkang tidak melaksanakannya tidak boleh ikut shalat Idul Adha, (2) ia tidak diperbolehkan ikut bersama dalam pembagian daging kurban, (3) ia kehilangan kesempatan untuk beribadah yang bersifat keutamaan yang diutamaan oleh Rasulullah, (4) ia keluar dari komunitas jamaah Id, dan (5) kalau ia mati masih dalam keadaan yang demikian itu, ia mati dalam keadaan tidak  termasuk orang yang melakukan shalat. Untuk itu khatib menghimbau hendaklah yang mampu berkurban melaksanakannya dengan penuh ikhlas mengabdi kepada Allah.

Allahu Akbar walillahil hamd

Dari penjelasan syar’i tentang kurban ini dapat diambil ‘ibrah atau secara akademik disebut teori, bahwa Allah memerintahkan umatnya yang mampu untuk berkurban. Esensi berkurban adalah mendermakan sesuatu yang bersifat material dan bermanfaat kepada orang yang pantas menerimanya. Siapa yang melaksanakan derma ini sangat dicintai Allah. Allah membalas kebaikan yang lebih daripada sekedar kebaikan yang dilakukan oleh pelaku derma. Tujuan akhir kegiatan adalah  untuk menciptakan kegembiraan massal karena kebutuhannya terpenuhi atau setidak-tidaknya terobati. Implikasinya, di saat-saat ini banyak bencana yang melanda saudara-saudara kita seperti karena letusan gunung berapi, banjir yang menggenangi pemukimanwarga, gempa bumi, atau tsunami,  yang pasti mereka mebutuhkan uluran derma dari kita yang aman dan berkecukupan ini. Bantuan dapat disalurkan kepada badan-badan atau lembaga-lembaga sosial keagamaan yang dapat dipercaya dan amanah sehingga tidak diselewengkan oleh orang-orang yang bertipologi koruptor dan penggelap untuk kekayaan diri sang penggelap itu sendiri.

Allah Akbar walillahil hamd. Sidang Id rakhimakumullah,

Marilah kita akhiri forum ini dengan memanjatkan doa semoga Allah meridhai kita, memberi keselamatan, mengampuni dosa, dan mengabulkan doa kita.

اعوذ باالله من الشيطان الرجيم, بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله الذى نشهد أنك لا

إله إلا انت الاحد الصمد. الذى لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوان أحد.اللهم إن نعوذ من شر الشيطان وشر كل ذى شر وشر ما يأت به  اللهم إنا نسئلك رضاك  والجنة

ونعوذ بك من سختك والنار. اللهم  إنا نعوذ بك من الكسل والهرم  والمغرم والمأثم

ونعوذ بك من عذاب القبر وعذاب النار ومن شر فتنة الفقرومن شرفتنة الغنى ومن

شر فتنة المسيح الدجال. اللهم إنا نعوذ من جهد البلاء ودرك السقاء  وسوء القضاء

وشماتة الاعداء. ربنا آتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار.

ولحمد لله رب العالمين. والسلام عليكم ورحمة لله وبركاته.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *